Streaming
Berita
Ini 5 Lagu Daerah Bali yang Penuh Makna
[BINGKAI BUDAYA BALI]
Lagu-lagu daerah kini mulai sedikit dilupakan lantaran jaman sudah berubah. Bahkan, anak-anak jaman sekarang sudah enggan menyanyikan lagu daerah. Padahal Lagu daerah mengandung makna yang mendalam. Setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerah yang khas, termasuk Bali. Bali dikenal kaya akan lagu daerah yang patut ditiru. Lagu daerah Bali merupakan salah satu bentuk budaya yang memiliki nilai seni tinggi. Lagu-lagunya pun bermacam-macam bentuknya, mulai dari lagu anak-anak, kidung atau geguritan yang biasa disebut pupuh. Setiap lagu mengandung pesan moral yang ingin disampaikan penciptanya.
1. Putri Cening Ayu
Lagu “Putri Cening Ayu” dari Bali bercerita tentang percakapan seorang ibu dan anaknya, yang membuat sang anak menunggu di rumah sementara sang ibu pergi berbelanja di pasar. Implikasi lain dari lagu tersebut adalah orang tua harus membiarkan anaknya berkembang dan menemukan jati dirinya. Namun meski begitu, orang tua tetap berperan dalam menanamkan nilai dan norma positif.

2. Bibi Rangda
Banyak orang mengasosiasikan lagu Bibi Rangda dengan lagu Lingsir Wengi di Jawa, mengira itu lagu yang berbau mistis. Padahal Bibi Rangda adalah lagu rohani yang biasa dinyanyikan oleh anak-anak pada saat upacara Mejauman.
3. Bungan Sandat
Secara harfiah, Bungan Sandat adalah bunga kenanga yang memiliki hubungan yang kuat dengan kebudayaan Bali. Lagu Bungan Sandat berisi pesan-pesan untuk para pemudi agar senantiasa menjaga diri. Dimana usia remaja adalah masa-masa rentan terpengaruh oleh hal-hal negatif.
4. Janger
Lagu daerah Janger menggambarkan perasaan gembira para pemuda dan pemudi yang tinggal di Bali. Lirik lagu tersebut mengungkapkan perasaan gembira dan optimisme serta membayangkan suasana hangat pedesaan Bali. Lagu ini diciptakan oleh I Gede Dharna. Janger dikenal sebagai pengiring tarian pergaulan rakyat di Bali.
5. Made Cenik
Lagu “Made Cenik” tentu sudah tidak asing lagi bagi anak-anak di Bali pada era 1990-an. Setiap lirik dan melodi lagunya unik dan menyenangkan. Begitu mudah diingat dan sering seperti lagu pengantar tidur.

Sumber : https://bestie.suara.com/read/2023/09/01/143500/ini-5-lagu-daerah-bali-yang-penuh-makna
Beranda | Program | Berita | Gallery | Kontak


© 2012. Radio AR Bali. All Rights Reserved
Design by Alamaya