Streaming
Berita
[BINGKAI BUDAYA BALI ] Sejarah Pura Dalem Pangembak Sanur, Patungnya Bisa Tersenyum
[BINGKAI BUDAYA BALI ] 
Awal sejarah Pura Dalem Pangembak ini diceritakan oleh Jro Mangku Pura Dalem Pengembak, I Made Ranten. Pura yang terletak di wilayah Banjar Tanjung, Kelurahan Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, ini didirikan pada tahun 1820. Awal mula berdirinya pura ini ada kaitannya dengan seorang kakek bernama I Wayan Netep, yang dikenal sebagai pengembala sapi (rare angon) dan nelayan.

Patung yang dipahat bisa tersenyum, dan pematungnya sampai pingsan, Sembari menunggu sapinya, I Wayan Netep mencari rumput dan dilanjutkan dengan menjaring ikan ke tengah laut. Setelah air laut mulai surut, I Wayan Netep kembali ke tempat sapinya.Setelah tiba di tempat sapinya, ia merasa ada waktu senggang untuk melakukan kegiatan lainnya. Lalu bergegaslah dia mencari kepiting bakau di seputaran hutan mangrove untuk santapan keluarganya. Setelah mendapatkan beberapa kepiting, ia kembali ke tempat di mana sapinya dilepas untuk beristirahat sejenak.

Replika patung diselesaikan selama 3 bulan, Sementara itu, Ketua Pelaksana Pembuatan Patung, Kadek Dharma Apriana, mengatakan konsep patung ini merupakan bentuk visual dari cerita sejarah awal mula Pura Dalem Pengembak. Pelaksanaan pembangunan patung tersebut memakan waktu selama 3 bulan, terhitung dari Januari 2024 lalu.

Sumber : https://bali.idntimes.com/science/discovery/ayu-afria-ulita-ermalia/sejarah-pura-dalem-pangembak-sanur.
Beranda | Program | Berita | Gallery | Kontak


© 2012. Radio AR Bali. All Rights Reserved
Design by Alamaya